yeni herdiyeni

Sanxia District, Taiwan

Taipei dan Taichung, 30 Maret – 1 April 2016

Perjalanan ke Taiwan kali ini adalah dalam rangka menghadiri pertemuan CENTRA di Taipei dan Taichung pada tanggal 30, 31 Maret dan 1 April. Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa peneliti dari Asia Tenggara dan USA. Ini adalah pertemuan Kick Off CENTRA. Pertemuan diadakan di Taichung, Taiwan.

Seperti biasa, pada hari terakhir selalu ada kunjungan ke tempat wisata. Beberapa tempat wisata yang dikunjungi saat itu adalah Sanxia Indigo Dyeing Center, Sanxia District, Zushi Temple, Sanxia Oldstreet dan Sanxia History Museum. Sayangnya dalam perjalanan wisata ini kesehatan saya kurang fit karena demam dan radang tenggorokan akibat 😦

Sanxia Indigo Dyeing Center

Tempat wisata yang pertama kami kunjungi adalah Sanxia Indigo Dyeing Center. Sebuah tempat pencelupan (Dyeing) textile di Sanxia. Di tempat ini kami belajar membuat pola pada kain dengan teknik pencelupan seperti membatik. Bedanya pada teknik ini tidak menggunakan lilin, melainkan dengan teknik mengikat kain menggunakan tali.

Sanxia District

Sanxia adalah wilayah urban yang berlokasi di Barat Daya kota Taipei. Sanxia merupakan kota kedua terbesar setelah kota Wulai di kota Taipei (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sanxia_District). Sanxia merupakah salah satu tempat wisata di kota Taipei. Banyak sekali wisatawan asing dan lokal. Ramainya lokasi ini karena didalamnya terdapat sebuah temple yang dinamakan dengan Zushi Temple.

Zushi Temple

Zushi temple didirikan pada masa dinasti Qing pada tahun 1767 oleh seorang imigran yang bernama Hokkien yang berasal dari provinsi Fujian China (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Zushi_Temple).

Sanxia Oldstreet

Setelah mengunjungi Sanxia, perjalanan dilanjutkan ke Sanxia Oldstreet. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko yang menjual pernak pernik untuk oleh-oleh. Juga banyak terdapat cafe. Menurut Wikipedia, arsitektur gedungnya seperti gaya Baroque pada masa pendudukan Jepang (Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sanxia_Old_Street).

Sanxia History Museum

Tempat lainnya yang saya kunjungi adalah Sanxia History Museum (https://en.wikipedia.org/wiki/Sanxia_History_Museum). Museum ini dibangun pada masa penjajahan Jepang. Dalam museum ini menceritakan tentang sejarah Sanxia District. Museum ini tidak terlalu besar.

sanxia-museum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s