yeni herdiyeni

Hidroponik : Panen Perdana

Kahuripan, 17 Februari 2014

Setelah lebih kurang satu bulan lamanya mencoba bercocok tanam menggunakan hidroponik, dari hari ke hari pengalaman dan pelajaran bertambah terus. Mulai dari menyemai, menyiram, mempersiapkan pot sampai merawat tanaman. Pengalaman terakhir yang saya alami adalah ketika menemukan belalang sedang menyantap dengan lahap daun muda pak choy… huhuhu…. geram sekali melihatnya… namun itulah seninya bercocok tanam, pasti selalu saja ada hama. Terlebih hidroponik saya belum menggunakan green house🙂.. biarlah saya ikhlaskan saja satu daun dimakan belalang, yang penting belalangnya sudah tertangkap basah :p

Sebagai percobaan awal, saya mulai menanam kangkung, selada, sawi dan pak choy. Bibit tanaman ini dapat mudah dibeli di toko pupuk dengan harga yang sangat terjangkau. Setelah dua minggu ditanam dalam pipa hidroponik, sayuran mulai tumbuh subur. Senang sekali melihatnya…:).

DSCN0355 DSCN0383 DSCN0381DSCN0362

Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang paling sering kita jumpai. Ternyata menanam kangkung itu tidak sulit dan sangat mudah tumbuh. Untuk menamam kangkung didalam sistem hidroponik, dapat memasukkan 4-5 bibit ke dalam pot. Lain halnya dengan tanaman salada, sawi dan pak choy, sebaiknya satu bibit saja dalam satu gelas. Dalam waktu 21 hari setelah tanam, kangkung sudah siap dipanen

Pada hari minggu, 16 Februari 2014, saya sudah bisa memanen kangkung hidroponik. Yeay…. ada sensasi tersendiri ketika memanen kangkung ini🙂.. Kangkung hasil tanam sendiri jelas tanpa pestisida, segar, dan rasanya lebih “crispy”… Sekarang tidak perlu lagi menyimpan stok sayuran kangkung di dalam kulkas.. tapi cukup memetik saja ketika akan memasak…. ah…. serunya🙂

DSCN0409 DSCN0386 DSCN0340 DSCN0369 DSCN0334 DSCN0334

DSCN0412 copy

DSCN0414 DSCN0442

Sawi dan Pak Choy

Pak choy atau Chinese cabbage adalah sayuran sejenis sawi-sawian yang memiliki daun yang lebih pendek daripada sawi dan menggembung. Berdasarkan literatur, pak choy memiliki umur panen berkisar 30 – 40 hari setelah tanam (hst). Sebaiknya menanam bibit pak choy satu buah saja untuk setiap pot-nya.. Untuk saat ini saya masih salah, karena dalam satu pot terdapat 3-4 bibit..:).. Tak sabar rasanya menanti hari penen pak choy…

Khusus sawi, karena benihnya sangat kecil sekali, harus sabar menyemaikan. Sebaiknya gunakan pinset untuk mengambil benihnya. Kemarin saya masih terlalu banyak memasukkan benih ke dalam sekamnya :p..

DSCN0393 DSCN0433 DSCN0380 DSCN0389DSCN0339 DSCN0436 DSCN0418

Selada

Selada adalah jenis sayuran yang sering digunakan untuk salad. Untuk orang Sunda bisa dijadikan lalab🙂. Menurut literatur, selada memiliki umur panen 25-30 hari setelah tanam. Semoga dengan menanam selada sendiri, jadi tidak perlu lagi belanja selada untuk membuat salad🙂

DSCN0395 DSCN0406 DSCN0352

Dengan belajar, semuanya menjadi lebih mudah….🙂

28 thoughts on “Hidroponik : Panen Perdana

  1. mau tanya gimana cara menghambat pertumbuhan sawi / memperpanjang umur panen sawi, soalnya menunggu harga
    tolong sms 085749085617

    1. Maaf pa baru menjawab. Untuk 2 m pipa saya membuat 10 lubang untuk menanam selada atau sawi. Tapi ada juga yg saya buat 15 lubang untuk kangkung.

      Tinggi airnya tipis saja pa. NFT = Nutrient Film Technique. Film disini maksudnya tipis saja, yang penting mengalir.

  2. mba yeni sy mau nanya .
    EC / ppm untuk kangkung brp ya ?

    saya nanem kangkung kok ujung daun selalu menguning ya ?
    itu knp y mba ?

    thx

  3. mb yemau tanya donk.. jdi di dalam pipa itu diisi air, kemudian dala tanahnya itu di dalam aqua gelas ya? saya pikir pipa yang panjang itu diisi tanah… bukan begitu ya mb yeni? berarti lubang di pipa itu cuma bagian atas kan ya, yang bawah nggak dilubangi? terimakasih jawabannya mb yeni.. maaf banyak tanya😀

    1. Hidroponik itu adalah sistem bercocok tanam menggunakan media air. Tidak menggunakan tanah. Saya menggunakan sekam didalam gelas untuk tempat berdiri tanaman. Air nutrisi hidroponik dialirkan melalui pipa dengan menggunakan bantuan pompa aquarium.

  4. met siang mbak Yen….
    mbak.. aku baru belajar nich… jadi biar airnya ndak kena pot ndak apa2 y?? yg penting air mengalir???
    trus mbak… itu tanaman tak jepit ama rockweel bisa y???
    thanx mbak Yenny. Gbu.

  5. asslamualaikum kaka saya mega saya sedang penelitian tentang pakchoy mau tanya berapa umur panen untuk pakchoy terus kalau di keterangan pas beli benih panen umur 25-30 HST tapi tanaman saya sekarng sudah berumur 18 HST tapi masih kecil ya tanaman nya panjangnya 6-8 cm daun nya 5-7 helai apa kendalanya ya ka ? terus apa 30 hari itu saya sudah bisa panen ?

  6. Assalamualaikum,
    Maaf mba saya ingin bertanya apakah bisa bibit langsung di tanam di media pembesaran tanpa harus di lakukan proses persemaian jadi tidak ada proses pemindahan? terimakasih wassalam,

  7. Boleh tanya dipesemaian brapa lama? Apa langsung dipindah ke gelas plastik dan dipasang di pipa pralon? Terimakasih

  8. mba yeni tulisannya menginspirasi sekali,, kalau berkenan dipostingan laiinya, bila mba yeni menanam lagi bisa disertakan foto tahap2 demi tahap mba biar tergambar jelas,,, itu sayurannya bikin ngeces *ngelap iler hehe

Leave a Reply

