yeni herdiyeni

From Impossible to Possible

Setiap orang pasti punya mimpi dan keinginan…Begitupun dengan saya..Salah satu mimpi saya adalah sekolah ke luar negeri. Dalam benak saya, kalau saya sekolah ke luar negeri wawasan saya menjadi luas dan tentunya bisa memiliki banyak networking…Lantas saya pun berdoa.Ya Allah mudahkahlah saya untuk bisa pergi ke luar negeri untuk sekolah. Namun ternyata Allah memberikan saya kemudahan untuk melanjutkan studi di UI sampai S3. Alhamdullilah… Setelah itu saya sempat bertanya kepada diri sendiri, apakah masih mungkin saya bisa pergi ke luar negeri untuk belajar, sementara saya sudah menyelesaikan studi S3.. hmmm Kalau saja ada S4 mungkin saya masih punya harapan….:). Oh, harapan itu masih ada..studi Postdoc… ya..postdoc.. Tetapi bagaimana caranya saya bisa dikenal oleh Professor senior di luar negeri padahal saya tidak memiliki networking.. karena saya bukan lulusan LN. Saya kembali berdoa, Ya Allah beri saya kesempatan entah bagaimana caranya agar saya bisa merasakan belajar di LN..Alhamdullilah doa saya terkabul pada tahun 2011, saya mendapat kesempatan untuk Postdoc di Universitas Saga Jepang melalui Program Academic Recharging (PAR C) yang didanai oleh Dikti. Allah memberikan jalan saya untuk mengenal Prof. Kohei Arai dan Prof.Hiroshi Okumura melalui mahasiswa saya yang sedang studi S2 di Jepang.. Thanks ya Indra.. Alhamdullilah hingga saat ini saya memiliki hubungan dan kerjasama yang baik dengan Arai-sensei dan Okumura-sensei..

Pada tahun 2011 sebelum saya mengambil Postdoc, saya mengikuti sebuah workshop di IPB. Lalu saya bertemu dengan Prof. Ariel, seorang peneliti dari Perancis. Saat istirahat, saya sempat ngobrol ringan dengan beliau mengenai penelitian yang sedang saya lakukan. Diakhir pembicaraan itu, beliau memberikan saya kartu nama seorang peneliti dari University of Paris Diderot, Prof. Stephane. Beliau mengatakan, Prof. Stephane memiliki penelitian yang sama dengan yang sedang saya kerjakan.

Selanjutnya, selang beberapa bulan, Prof. Stephane menghubungi saya untuk menyampaikan bahwa beliau ingin ke Indonesia.. Akhirnya beliau datang ke Indonesia dan bertemu dengan saya. Dalam kunjungannya ke Indonesia yang hanya sekedar berlibur, kemudian beliau pun bersedia memberikan kuliah umum dan menjadi salah satu pembicara workshop..begitu sangat singkat semuanya kami susun..Alhamdullilah semuanya berjalan lancar…

Setahun kemudian, 2012, Prof. Stephane bersedia untuk melakukan penelitian bersama. Mulailah kami mempersiapkan MoU.. tidak mudah bagi saya untuk menyiapkan MoU karena saya belum memiliki pengalaman saat itu. Untungnya teman saya dari KSHE IPB Ellyn K Damayanti banyak membantu saya menyiapkan MoU tersebut. Alhamdullilah MoU bisa ditandatangani pada tahun 2012. Setelah memiliki MoU, saya bersama dengan Prof. Stephane mulai mempersiapkan proposal penelitian untuk skema kerjasama Internasional. Setelah selesai proposal tersebut kami kirimkan ke DIKTI untuk didanai. Namun ternyata proposal kami tidak diterima.. bahkan dipanggil wawancara pun tidak😦 .. ternyata permasalahannya MoU kami masih di tingkat Lab. Syarat MoU untuk kerjasama harus ditandatangani oleh Rektor…

Pada tahun 2013, kami mencoba merevisi lagi MoU tersebut dan alhamdullilah pada akhirnya MoU pun bisa ditandatangani oleh rektor.. thank you so much Prof. Stephane for your help! Selanjutnya kami pun merevisi lagi proposal tersebut untuk kami usulkan kembali… dan Alhamdullilah proposal kerjasama Internasional untuk penelitian kami diterima dan bisa didanai pada tahun 2014 ini !! Terima kasih ya Allah atas semua permohonan kami yang telah Engkau kabulkan!

From impossible to possible… tidak ada jaminan apapun untuk bisa mewujudkan impian selain doa dan kuasa Allah… thank you Allah…

 

Leave a Reply

