yeni herdiyeni

Bali

Bali, 26-29 September 2013

Ini adalah kali ketiga saya mengunjungi Bali. Kali ini saya mengunjungi Bali dalam rangka Seminar International – Internation Conference on Advanced Computer Science and Information System (ICACSIS 2013) yang diselenggarakan di Sanur.

Bali September 2013 - 320 IMG_3526

Saya menginap di hotel Ananda Sanur, di depan pinggir pantai. Jadi dari balkon hotel saya sudah bisa memandang laut🙂

Bali September 2013 - 029
Pantai Sanur Bali

Pagi hari seperti biasa saya sempatkan untuk jogging di pinggir pantai sambil menanti matahari terbit. Namun sayang cuaca agak mendung, sehingga matahari sedikit tertutup dengan awan.

Kunjungan saya ke Bali saya sempatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah saya kungjungi. Tempat yang saya kungjungi antara lain Tanah Lot, Ulu Danu Beratan dan Ubud.

Tanah Lot

Tanah Lot’ adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_Lot)

Beberapa panorama yang sempat saya abadikan adalah sebagai berikut:

Bali September 2013 - 114 Bali September 2013 - 102 Bali September 2013 - 112

Beruntung sekali saya sempat mendapatkan sunset yang sangat indah di Tanah lot. So romantic ..🙂

Bali September 2013 - 174

Ulun Danu Bratan

Ulun Danu Bratan, adalah sebuah pura yang terletak ditengah air. Pura ini dibangun pada tahun 1663 di sebuah daerah pegunungan tepatnya di Danau Bratan dekat Budugul. Danau Bratan merupakan sumber irigasi utama di Bali (Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Pura_Ulun_Danu_Bratan). Pura Ulun Danu Bratan ini diabadikan juga loh di uang Lima Puluh Ribuan🙂

Bali September 2013 - 050   Bali September 2013 - 046

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Uluwatu).

Beberapa panorama yang sempat saya abadikan berikut ini:

Bali September 2013 - 009 Bali September 2013 - 007 Bali September 2013 - 013

Pura Puseh Desa Pakraman Ubud

Bali September 2013 - 449

Pura Puseh Ubud merupakan salah satu pura yang sering juga dikunjungi oleh wisatawan. Kami sempat mengunjungi tempat ini tanpa sengaja ketika kami mencari teras siring yaitu persawahan yang khas di Bali.

Pura ini terletak di desa Pakraman Ubud, Banjar Sambahan, Ubud, Gianyar, Propinsi Bali. Pura Puseh Desa Pakraman ubud adalah tempat pemujaan Dewa Wisnu dan merupakan Pura Kahyangan jagat, bentuk bangunan pura sama seperti pada umumnya pura-pura yang ada di Bali yaitu berkonsep Tri Mandala (nista, madya dan utama), pada bagian luar atau nista mandala terdapat bangunan wantilan, saat memasuki bagian kedua atau madya mandala terdapat pelinggih apit lawang yang diapit oleh candi Bentar, 2 bale gong serta bale kul-kul. Di bagian utama mandala atau jeroan terdapat beberapa pelinggih yang tersusun rapi, adapun pelinggih tersebut: pelinggih Pengaruman, pelinggih Pepelek, pelinggih Paseling, pelinggih Gedong tempat penyimpanan Ida Batara/Barong, pelinggih Lumbung, pelinggih Ratu Ngurah, pelinggih menjang seluang, pelinggih Gedong Catur dan pelinggih Catu, di bagian timur laut terdapat pelinggih Padmasana, pelinggih Limas, Pelinggih Meru, pelinggih Penyawangan, Gedong Ratu Lingsir, Ratu Blabur, Tatsu dan Pengekapan (Sumber: http://wisatadewata.com/article/wisata/pura-puseh-ubud).

Saya sempat juga mengunjungi Pura lain dan teras siring di Ubud namun saya lupa lokasi tepatnya dimana🙂.

 IMG_3530 Bali September 2013 - 463

Perjalanan kali ini saya diantar dan ditemani oleh Ngakan mahasiswa saya di IPB beserta dengan keponakannya. Thanks ya🙂

Bali September 2013 - 479

Leave a Reply

