kuliah

Ingin tampil cerdas saat presentasi?

Ingin tampil dan terlihat cerdas pada saat presentasi? Pastikan anda menguasai apa yang ingin anda sampaikan. Jangan sampai terjadi suasana seperti gambar dibawah ini ….🙂

Steve Job mengatakan “You’re time is limited so don’t waste it living someone else’s life. Don’t be trapped by dogma–which is living with the result of other people’s thinking. Don’t let the noise of other opinions drown out your own inner voice”.

Oleh karena itu buatlah presentasi yang efektif agar dalam waktu yang disediakan, kita mampu menyampaikan pemikiran kita dengan baik kepada orang lain. Presentasi adalah bagian dari penelitian, oleh karena itu jangan sepelekan presentasi. Persiapkan presentasi dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana membuat dan menyampaikan presentasi riset yang efektif, khususnya pada saat seminar dan sidang hasil riset?

Pada umumnya waktu yang disediakan untuk presentasi seminar dan sidang hanya 15-20 menit. Perlu dipahami bahwa menulis presentasi tidak sama dengan menulis laporan. Oleh karena itu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Mulailah dengan menyampaikan latar belakang penelitian, tujuan dan ruang lingkup penelitian. Menurut saya bagian inilah yang paling penting dalam sebuah presentasi. Pada bagian inilah kita akan mengarahkan pemikiran orang lain. Oleh karena itu jangan menganggap sepele bagian ini. Dalam konteks presentasi riset, pastikan bahwa pada bagian latar belakang ada tiga hal yang harus disampaikan yaitu penjelasan masalah (problem definition), penjelasan mengenai riset yang sudah dilakukan dan relevan dengan penelitian yang akan dilakukan (previous research) dan penelitian yang diusulan (Proposed Research). Saya yakin ketika masalah dan penelitian terkait dijelaskan dengan baik, maka tujuan dan ruang lingkup penelitian dapat didefinisikan dengan baik.
  2. Menyampaikan metode penelitian. Pada presentasi seminar dan sidang hasil penelitian tidak perlu ada tinjauan pustaka.  Teori/konsep yang digunakan dijelaskan pada saat menjelaskan metode penelitian. Dengan demikian tidak akan terjadi pengulangan penjelasan konsep.Khusus untuk ilmu komputer, sebagian besar penelitian menerapkan atau mengembangkan algoritme, Ketika sebuah algoritma dikembangkan pastinya akan diawali dengan sebuah “ide” atau intuisi. Oleh karena itu, cobalah untuk menemukan “ide” atau intuisi dari algoritma tersebut. Pada beberapa hal, ide sebuah algoritma didasari oleh masalah yang muncul. Oleh karena itu pahami permasalahan riset dengan baik. Sehingga dengan demikian dengan waktu yang sangat terbatas tersebut,  tidak perlu untuk menjelaskan secara detail tahapan algoritma yang dilakukan. Selain lebih mudah dipahami, menyampaikan ide atau intuisi dari sebuah algoritma akan lebih menarik. Apalagi jika dibantu dengan ilustrasi gambar. Tapi ingat, sesuaikan gambar yang anda gunakan dengan konsep yang akan dijelaskan. Tidak perlu harus selalu blink-blink heehhe.Ide atau intuisi sebuah algoritme harus bisa dijelaskan dengan bahasa yang sederhana (atau membumi hehe).  Memang seringkali bukan hal yang mudah untuk menemukan ide dasar/intuisi dari sebuah algoritma. Tanyakanlah kepada pembimbing anda untuk mendapatkan penjelasannya.
  3. Hasil penelitian. Ketika menjelaskan hasil penelitian, pastikan bahwa yang dibahas sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup penelitian.  Menulis hasil penelitian BUKAN HANYA menuliskan angka-angka saja atau BUKAN HANYA menampilkan data kuantitatif saja. Pahami apa makna dari angka-angka tersebut sehingga anda mampu menjelaskan aspek kualitatif dari hasil penelitian yang anda lakukan. Penjelasan aspek kualitatif inilah yang diinginkan dari hasil penelitian.
  4. Kesimpulan. Buatlah kalimat kesimpulan yang efektif yang  menjelaskan tujuan penelitian, metode serta hasil penelitian.
  5. Saran. Kenali kekurangan sistem dan sampaikan pada bagian ini.

Selain hal-hal substansi yang harus diperhatikan, sebaiknya perhatikan juga sisi keindahan dari presentasi yang dibuat. Perhatikan pemilihan warna, jenis font, pemilihan gambar dan komposisi objek. Mintalah pendapat orang lain mengenai hal ini, terutama jika selera anda “agak” berbeda dengan selera kebanyakan orang hehhe….

Yang terkahir yang harus diperhatikan adalah cara berbicara. Intonasi, tempo, gaya bicara dan susunan kalimat harus diperhatikan dengan baik. Untuk yang satu ini sebenarnya bisa dilatih. Berlatihlah didepan cermin atau teman anda, sebelum anda presentasi. Pastikan bahwa penampilan anda pun nyaman dilihat..🙂

Semoga bermanfaat. Good Luck!

3 thoughts on “Ingin tampil cerdas saat presentasi?

  1. Wah coba dulu baca postingan (semacem) begini sebelum seminar, bisa bagus ga kemana-mana hehehe.

    Maksudnya “terutama jika selera anda “agak” berbeda dengan selera kebanyakan orang hehhe…” itu kalo nulis presentasinya pake 4L4y style yah bu? hihihi :p

    Nice post bu Yeni😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s