on vacation

Jurnal Saga #1 : Edisi kedatangan

Saga, 4 September 2011,

Hari Sabtu, 3 september 2011, tepat tiga hari setelah Lebaran Idul Fitri, saya memulai perjalanan ke Saga Jepang dalam rangka Program Academic recharging (PAR) C yang didanai oleh DIKTI. Kegiatan ini diperuntukkan bagi dosen yang baru lulus program Doktor tepatnya kurang dari lima tahun. Tujuannya me-recharge kembali lulusan Doktor untuk melakukan riset. Mungkin program ini hampir sama dengan program Postdoctoral. Kegiatannya insha allah selama 4 bulan di Universitas Saga, Saga-shi Jepang. Dari kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan publikasi Internasional hasil riset. Begitulah lebih kurang tujuan dari perjalanan ini. Selain tentunya disertai juga dengan jalan-jalan hehehe.. (*masak mo riset terus tiap hari.. :p).

Dengan pesawat Korean Airlines, saya terbang dari Soekarno Hatta Airport Jakarta ke Incheon Airport Korsel pukul 22.00. Setelah perjalanan kurang lebih selama 7 jam, ahirnya saya pun transit di Bandara Incheon pukul 7.30 waktu setempat. Pengecekan paspor dan visa serta barang-barang selesai pukul 7.45. Artinya saya hanya memiliki sisa waktu 15 menit untuk boarding ke Fukuoka, padahal saya harus jalan dari gate 1 menuju gate 17. Jarak antara gate 1 ke gate 17 jauhnya minta ampun, sementara kendaraan pengantar penumpang didalam bandara sudah penuh.. Akhirnya dengan setengah berlari sambil bawa satu tas koper dan ransel akhirnya saya pun tiba di Gate 17, tepat 5 menit sebelum pesawat take off… hmmmffffh.. olahraga pagi yang menyehatkan…😦

Pukul 9.45 saya  tiba di Fukuoka Airport. Setelah melalui pengecekan imigrasi, akhirnya saya pun berjalan keluar bandara. Ternyata di luar saya sudah ditunggu oleh Heru dan Retno juga dengan junirnya Kenzi.. Wah senangnya.. bisa bertemu. Tidak berselang lama, Indra pun datang.

Setelah ngobrol sebentar akhirnya saya dan Indra melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke Saga. Tiba di Saga pukul 13.00, saya sudah dijemput kakaknya Indra, mba Irma dan keluarga. Makasih ya mba Irma dan mas Anton…🙂.  Akhirnya dengan menumpang mobil mba Irma, saya menuju Apartemen yang sudah disewakan sebelumnya oleh Indra. Thanks to Indra-san..🙂

Karena apartemennya masih kosong, saya pun langsung menuju toko untuk membeli beberapa perabot seperti tempat tidur, setrika dll.. lumayan rempong deh sore itu.. anyway seneng karena bisa sampe juga di Jepang hehe..

Setelah selesai dengan segala macam perabot, terakhir saya beli Sepeda. Kata Indra sepeda ini yang nanti digunakan untuk ke kampus. hmm sejenis Avanza lah kalo di Bogor hehe.. Awalnya mau beli sepeda baru.. tapi mahal booo.. :p akhirnya saya beli sepeda bekas saja seharga 5 rb yen.. beli sepeda bekas ajah sampai ditanya alamat rumah dan pake nomor sepeda segala.. persis seperti beli mobil atau motor.

Hmmm.. lain ladang lain belalang… (bener ga siy pepatahnya..:p).