yeni herdiyeni

Menyajikan Presentasi Penelitian

Menulis dan menyajikan presentasi dengan baik adalah salah satu yang melengkapi keberhasilan sebuah penelitian. Ide penelitian akan mudah dipahami oleh pendengar jika penyaji dapat menyampaikan penelitian dengan efektif.

Melalui tulisan ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman dalam menulis presentasi. Artikel sebelumnya mengenai presentasi juga pernah saya tulis yaitu : https://yeniherdiyeni.wordpress.com/2008/07/24/ujian-sidang/

Menyajikan presentasi dalam seminar penelitian biasanya tidak lebih dari 20 menit. Itu pun sudah termasuk dengan Tanya jawab 5 menit. Jadi jumlah waktu yang digunakan untuk presentasi hanya 15. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pendengar. Yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Perhatikan ruang seminar dan peralatan yang akan digunakan. Posisi berdiri penyaji seyogyanya tidak menutupi slide dan tidak menghalangi pendengar.
  2. Tidak hanya membaca slide. Usahakan untuk berkomunikasi dengan menghadap pendengar (keep eye contact).
  3. Membuat presentasi tidak sama dengan menulis makalah penelitian. Waktu yang dapat digunakan hanya 15 menit.  Sebagai estimasi, waktu yang diperlukan untuk menjelaskan 1 buah slide adalah 1 menit. Dengan demikian jumlah slide hanya berkisar 15-20 slide saja. Oleh karena itu jangan menulis terlalu detail seperti pada makalah. Bagian penting yang harus disampaikan antara lain: latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Tidak perlu menjelaskan setiap istilah/teknik yang digunakan dalam tinjauan pustakan seperti dalam tulisan makalah. Penjelasan teknik bisa dilakukan pada saat menjelaskan metodologi.
  4. Buatlah ilustrasi gambar yang menarik untuk menjelaskan latar belakang dan tahapan metodologi. Hal ini sangat penting karena penjelasan dengan menggunakan ilustrasi gambar memudahkan penyaji dalam menjelaskan dan membuat pendengat mudah memahami.
  5. Jangan terlalu banyak menuliskan rumus matematika pada slide. Sangat sulit untuk menjelaskan secara detail formula matematika dalam waktu 15 menit. Oleh karena itu cukup menuliskan formula matematika yang merupakan ide utama penelitian yang digunakan. Gunakan ilustasi gambar sehingga memudahkan pendengar memahami ide penelitian.
  6. Berikan penjelasan hasil penelitian sebaik mungkin dan jangan tergesa-gesa, karena bagian ini merupakan bagian penting. Jika ada, sampaikan konstribusi penelitian yang dilakukan
  7. Persiapan presentasi yang baik mampu membuat penyaji lebih percaya diri dalam menyampaikan presentasi…🙂
  8. contoh slide : presentation_sample
  9. Jika anda ingin tahu teknik menulis techincal papers, please read this: hints

Steve Job seorang pendiri Apple mengatakan :

“You’re time is limited so don’t waste it living someone else’s life. Don’t be trapped by dogma–which is living with the result of other people’s thinking. Don’t let the noise of other opinions drown out your own inner voice. Stay hungry, stay foolish”

Semoga Bermanfaat.. dan Good luck!!

6 thoughts on “Menyajikan Presentasi Penelitian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s