yeni herdiyeni

Ketidakpastian….

Logika Fuzzy adalah teknik penalaran ketidakpastian. Dalam ilmu komputer Logika Fuzzy digunakan untuk menangani masalah ketidakpastian. Prof Lotfi Zadeh pada tahun 1965 adalah orang yang pertama kali memperkenalkan teori Fuzzy. Didalam teori fuzzy, kebenaran tidak lagi bersifat absolute 0 atau 1. Namun kebenaran dinyatakan dalam bentuk himpunan nilai dari fungsi keanggotaan (membership function) dengan nilai berada pada interval 0 dan 1. Sebagai contoh jika X menyatakan usia, apakah usia 45 (x=45) dinyatakan tua atau muda..??

Dalam logika fuzzy, dengan menggunakan fungsi keanggotaan tertentu, maka usia X dapat dinyatakan dalam bentuk himpunan fuzzy misalnya (Tua = 0.75; Muda = 0.2). Jika diasumsikan Tua atau Muda adalah sebuah keputusan, maka ini artinya bahwa dalam logika fuzzy, setiap pengambilan keputusan selalu memperhatikan berapa besar kepentingan nilai lainnya, dalam hal ini dinyatakan dengan nilai keanggotaan Tua dan Muda. Sehingga dalam logika fuzzy, keputusan selalu dinyatakan dalam bentuk sebuah himpunan nilai. Tidak seperti logika boolean yang keputusannya selalu bernilai 0 (nol) atau 1 (satu). Inilah yang menyebabkan mengapa logika fuzzy mampu memberikan penalaran yang lebih baik dibanding logika boolean. Dengan kemampuan penalarannya yang baik itulah sudah banyak teknologi yang dibangun dengan menggunakan logika fuzzy.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita temui kondisi ketidakpastian.Usia tua atau muda adalah sesuatu yang tidak dapat dinyatakan dengan pasti usia berapa yang memisahkan usia tua dan muda. Lain halnya dengan jenis kelamin Laki-laki atau Perempuan yang sudah pasti (absolute), Demikian juga dengan kondisi suhu panas, dingin atau normal. Tidak ada batas suhu yang ablosute untuk membedakan perbedaan suhu tersebut. Kematian adalah sesuatu yang tidak pasti kapan akan tiba. Demikian pula dengan pekerjaan, rezeki, jodoh dll.

Jika demikian adanya, apakah ketidakpastian itu adalah sesuatu yang harus disesali…???

Jika kita melihat hasil dari penalaran fuzzy maka ketidakpastian bukanlah sesuatu yang memperburuk kondisi. Dengan teori fuzzy, ketidakpastian bahkan memberikan hasil penalaran yang lebih baik dari pada teori boolean yang sudah absolute.

Adakah hikmah penting dari teori fuzzy tersebut yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup..?

Logika Fuzzy, dengan segala teorinya mengenai ketidakpastian, telah dapat dibuktikan memberikan hasil penelaran yang lebih baik daripada logika boolean yang bersifat absolute.

Ini artinya bahwa ketidakpastian bukanlah sesuatu yang perlu disesali atau dihindarii.Ketidakpastian seyogyanya membuat kita untuk selalu berpikir memperhatikan kepentingan kondisi lainya. Sehingga keputusan yang diambilpun merupakan keputusan terbaik. Ketidakpastian juga akan mendorong manusia untuk selalu bergantung dan berdoa pada Allah. Dengan demikian insha allah keputusan yang diambil pun adalah juga keputusan Allah..🙂

Logika fuzzy mengingatkanku bahwa tidak ada kejadian sekecil apa pun yang sia-sia … demikian pula dengan ketidakpastian….

Wallah hualam ……

One thought on “Ketidakpastian….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s