kuliah · yeni herdiyeni

Komputer Bisa Belajar Kok…

Download Artikel

Komputer bisa belajar….? Ya, saat ini tidak hanya manusia yang bisa belajar. Komputer pun bisa belajar layaknya manusia yang memiliki otak. Sejak lahir manusi belajar mengamati pola objek yang ada di sekitarnya, komputer pun saat ini mampu mengenali pola objek setelah melalui proses yang sama yaitu pembelajaran.

Bagaimana Caranya..?

Manusia dapat belajar karena memiliki sistem syaraf atau yang dikenal dengan otak. Didalam otak terdapat bagian yang disebut dengan Visual Cortex yang berperan mengolah informasi yang masuk melalui panca indera manusia. Ada sekitar 10-50 milyar sel syaraf (neuron) didalam visual cortex dengan 60 trilyun sinapsis. Neuron terdiri dari tubuh sel (cell body), dendrite, dan axon (Gambar 1). Neuron-neuron tersebut saling terhubung satu sama lain melalui axon dan dendrite. Hubungan antar neuron itu disebut dengan sinapsis. Informasi berupa sinyal akan masuk melalui dendrite lalu masuk kedalam tubuh sel untuk selanjutnya dikirim ke neuron lainnya melalui axon.
neuron.jpg
Gambar 1. Neuron

Dengan meniru sistem kerja syaraf manusia, Warren McCulloch dan Walter Pitts pada tahun 1940 merancang neuron tiruan (artificial neuron) untuk diterapkan pada sistem komputer. (Gambar 2)

artifical-neuron.jpg

Gambar 2. Artificial Neuron

Kekutan sinyal input akan dikontrol oleh sebuah fungsi aktivasi dan akan diteruskan ke neuron lain. Neuron tiruan tersebut akan menghitung semua input sinyal yang masuk untuk menentukan kekuatan sinyal (bobot input) dan fungsi aktivasi akan menghitung sinyal output.

Seperti halnya pada sistem syaraf manusia yang tersusun atas neuron-neuron yang saling berhubungan, pada neuron tiruan pun, setiap neuron berhubungan dengan neuron yang lainnya sehingga membentuk lapisan neuron. Neuron tiruan yang saling berhubungan itu disebut dengan jaringan syaraf tiruan (artificial neural network) (Gambar 3).

jaringan-syaraf-tiruan.jpg

Gambar 3. Jaringan syaraf tiruan

Jaringan syaraf tiruan terdiri dari lapisan input, lapisan tersembunyi (hidden layer) dan lapisan output.

Kini, model jaringan syaraf tiruan itu sudah banyak dikembangkan. Diantaranya feedforward neural network, backpropagation neural network, radial basis function (RBF), recurrent neural network, self organizing map (SOM) dan lain-lain.

Dengan adanya jaringan syaraf tiruan yang menyerupai jaringan syaraf manusia, saat ini sistem komputer memiliki kemampuan untuk belajar mengenali pola seperti yang dilakukan manusia. Dengan menerapkan jaringan syaraf tiruan, sistem komputer mendiagnosa penyakit, mengenali suara (speech recognition), mengenali wajah, memprediksi cuaca, membuat permainan (game), mengkompresi data dan lain-lain.

Sumber :

1. Engelbrecht, A. P. Computational Intelligence. An Introduction. Second Edition. John Wiley & Son. 2007

2. Fausett Laurene. Fundamentals of Neural Netwoks. Prentice Hall, Englewood Cliffs. 1994.

2 thoughts on “Komputer Bisa Belajar Kok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s