yeni herdiyeni

Novel “Ajaib” dari Belitong…

Novel itu terlintas begitu saja saat beberapa waktu lalu aku melihatnya di jajaran buku-buku baru disebuah toko buku di Bogor. Tak tergerak sedikitpun untuk membuka lembar-lembar novel itu. Begitu kesan aku pertama kali melihat novel itu… Lebih lagi, aku bukan pembaca setia novel….:)

laskar_pelangi.jpgSuatu malam tepatnya Jumat 18 Januari 2008 : 22.05, saat aku membuka lembar demi lembar jawaban ujian untuk mengevaluasi hasil ujian sambil sesekali menekan tombol remote TV untuk mencari acara bagus, aku mendapati acara Kick Andy, salah satu acara favoritku. Tamunya yang hadir saat itu adalah Andrea Hirata, seorang penulis buku Laskar Pelangi, salah satu buku yang sebelumnya pernah terlintas dimataku, namun tak menarik perhatianku.

Saat menonton acara itu, aku begitu terkesima dengan kelugasan gaya bicara dan potongan cerita novelnya yang begitu menyentuh hatiku disampaikannya pada acara itu, sampai-sampai aku lupa dengan lembar ujian yang harus ku koreksi malam itu… hmmmm seorang penulis yang “ajaib” karena telah memperdayaku untuk menyaksikan kerendahan hatinya dilayar kaca itu…

Usai menonton acara itu, kuniati hati ini dalam-dalam untuk membaca buku itu.. yah…aku harus membacanya… walau pastinya aku salah satu pembaca yang tertinggal, karena novel ini sudah lama ada…. :p ah, tapi biarlah, moga masih tersisa di toko buku….

Usai mengajar di Jakarta sabtu sore itu, aku sempatkan untuk memcari buku Laskar Pelangi itu disebuah toko buku di Cibubur Junction. Aku beruntung karena masih tersisa 2 buku di rak saat aku menemukannya….:)

Malam itu juga rasanya tak sabar aku ingin baca novel itu…
Baru saja aku baca bab 1, aku sudah bisa merasakan kalau novel ini memang memiliki jiwa, ruh dan ah… apa sajalah namanya.. yang jelas bisa membuatku tersenyum sendiri dan merasa seperti tengah menghabiskan waktu malam itu dengan seorang teman yang mampu membuatku tertawa dan terkesima melihat keluguan dan kelugasan dia bercerita… begitu polos, santun dan jujur ucapannya…… tulus sekali kata-katanya..

Terima kasih Andrea…. kamu sudah membuat aku sadar untuk tidak banyak mengeluh sesulit apapun studi yang sedang aku tempuh saat ini…..

Salam kenal Andrea, semoga karya-karya hebatmu bisa membuat kami lebih sadar dan memahami arti hidup yang sesungguhnya…..

4 thoughts on “Novel “Ajaib” dari Belitong…

  1. novel yang sangat inspiratif sekali kan bu,,,
    begitu juga dengan novel kedua “Sang Pemimpi” dan ketiga-nya “Edensor” .

Leave a Reply

